Dampak Mengonsumsi Buah Nangka Bagi Penderita Maag

Buah nangka memang memiliki rasa yang manis juga kaya akan nutrisi. Namun, dibalik itu, buah nangka ternyata tidak baik dikonsumsi oleh penderita maag. 

Dampak Mengonsumsi Buah Nangka Bagi Penderita Maag

Penyakit maag atau penyakit asam lambung merupakan kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan dalam jangka waktu yang lama ketika perut mengalami kekosongan. Asam lambung yang naik ini dapat menimbulkan luka pada lambung yang menyebabkan adanya infeksi, tukak atau bahkan adanya peradangan pada lambung. 

Jika penyakit ini sudah parah, maka yang terjadi hanyalah akan mengancam keselamatan jiwa dan dapat menyebabkan pencernaan menjadi abnormal dan mengonsumsi makanan pun menjadi terganggu. 

Bagi Kalian yang mengidap penyakit maag, sebaiknya hindari mengonsumsi buah nangka, baik yang mentah ataupun yang sudah matang. Buah yang memiliki kandungan vitamin C, A, magnesium dan zat besi ini juga tergolong buah yang tinggi akan kandungan serat tergolong asam, sehingga dapat merangsang produksi asam lambung lebih tidak sedikit. Sehingga penderita maag dapat merasakan perih dan nyeri sesudah mengonsumsi buah nangka. 

Selain itu, karena kandungan serat tinggi yang dimilikinya, penderita maag atau gastritis sebaiknya tidak mengonsumsi nangka, karena dapat membuat lambung bekerja ekstra. Dampak mengonsumsi buah nangka bagi penderita maag juga akan meningkatkan kandungan gas dalam perut, sehingga membuat perut terasa begah dan kembung. Karena itu, sebaiknya penderita maag menghindari konsumsi buah nangka. 

dr Alberta Jesslyn Gunardi BMedSc Hons, dari Klik Dokter menuturkan, walaupun dari tingkat keasaman buah nangka hanya 5.8 yang artinya tidak terlalu asam, namun buah ini masih tergolong asam, yang dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna. 

Jika Kalian tergolong penderita maag, sebaiknya hindari mengonsumsi buah nangka meskipun dalam jumlah yang sedikit. Jika Kalian masih ingin mengonsumsi nangka, maka jangan kaget jika sakit maag Kalian menjadi lebih parah. 

Selain penderita maag, bagi Kalian yang memiliki gangguan pencernaan lain juga tidak boleh mengonsumsi buah nangka scara berlebihan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat memicu gangguan pencernaan, seperti diare. 


Facebook Comment